Minggu, 20 Desember 2015

Dinas Pendidikan dan Pengajaran Deiyai bagi Seragam Sekolah


Yinudoba, Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Deiyai tahun anggaran 2015, membagikan seragam sekolah kapada  sejumlah sekolah Dasar negeri maupun  swasta yang adan di Kabupaten Deiyai,


kegiatan penyerahan seragam sekolah tersebut dilakukan secara simbolis serahkan kepada  sejumlah kepala sekolah  negeri maupun swasta di halaman Kantor Dikjar Kabupaten Deiyai Tigido,Jumat, 30/11/2015 belum lama ini.


Ancela Pekey Kepala Sekolah SD YPPK Yinudoba, kepada media mengatakan, Seragam sekolah tersebut terdiri dari pakaian seragam merah putih dan seragam pramuka yang diperuntukan bagai anak didik sekolah dasar, baik laki-laki maupun perempuan dari kelas 1 sampai dengan kelas 6.


lebih lanjut,dikatakan bahwa maksud dan tujuan dibagikannya seragam sekolah ini sebenarnya ada tiga hal yang harus dicapai oleh Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten  Deiyai melalui pembagian seragan sekolah ini yakni :


Pertama adalah untuk menyeragamkan siswa,Maksudnya agar tidak ada perbedaan antara siswa yang mampu dan kurang mampu, karena pakaian yang digunakan sama. Jadi, tidak ada siswa yang menggunakan pakaian mewah yang mencolok.


Kedua adalah untuk melatih kedisiplinan  siswa. Biasanya seragam sekolah itu juga ada atribut pelengkap, seperti dasi, topi, dan lain-lain. Nah, kelengkapan itu menujukkan kita disiplin atau tidak. Misalnya apakah kita menggunakan atribut sesuai peraturan atau tidak. Jika iya, berarti kita bisa dinilai disiplin karena mengikuti peraturan sekolah.


Ketiga adalah sebagai identitas  seorang pelajar. Dengan menggunakan seragam sekolah , orang akan tahu kalau kita adalah pelajar. Di sekolah swasta, seragam yang digunakan biasanya berbeda-beda tiap sekolah. Maka dari itu, seragam sekolah swasta juga bisa jadi identitas sekolah atau penanda, mana murid sekolahnya dan mana yang bukan. (Yosep Badii/KP)

Tidak ada komentar: